Bolehkah Dalam Islam Pakai Sepatu Masuk Mesjid??


Portal Berita Terkini ~ Sejumlah netizen kemudian mempertanyakan apakah diperbolehkan memasuki masjid atau salat memakai sepatu, sandal, atau kaus kaki?
sebenarnya ada dalam sejumlah riwayat Nabi Muhammad atau hadis, di antaranya:
"Saya melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam terkadang shalat dengan tidak beralas kaki dan kadang salat dengan memakai sandal," HR. Abu daud 653, Ibnu Majah 1038, dan dinilai Hasan Shahih oleh al-Albani).
Sahabat al-Mughirah bin Syu'bah Radhiyallahu'anhu menceritakan, pernah bersama Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam dalam sebuah safar.
"Ketika Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam berwudhu, akupun menunduk untuk melepaskan sepatu beliau. Namun beliau melarangnya dan mengatakan; Biarkan dia, karena saya memakainya dalam kondisi suci.Kemudian Nabi Shallallahu' alaihi wa sallam mengusapnya," (HR. Bukhari 206 & Muslim 655). 



Foto yang diunggah pemilik akun Twitter @HartoyoMdn, memperlihatkan rombongan Raja Salman menunaikan salat sambil mengenakan sepatu. Sementara beberapa pejabat RI yang ikut mendampingi saat itu tampak melepas alas kaki.

"Skrg umat Islam Indonesia jadi makin tahu, bahwa Raja Arab Saudi gak ribet2 amat dlm beragama. Pakai sepatu di mesjid, ok saja," tulis @HartoyoMdn mengiringi foto unggahannya.

Tak pelak, foto tersebut ramai dikomentari netizen. Beberapa mereka tampak heran melihat hal tak biasa itu.

"Kok bisa gitu yah @HartoyoMdn," tulis @bill_fortan.

"Oh iya ya tetap pake sepatu," sambung @tsuroiya.

"Di dalam Kakbah saja salatnya pakai sepatu, wudu tidak yah," tulis @AriSB313 keheranan.

Sementara itu, beberapa netizen lainnya menganggap sepele hal tersebut. Mereka menilai Raja Salman dan rombongan melakukan hal itu karena telah terbiasa.

"Aku ngeliatnya hanya masalah kebersihan saja, pake sepatu ato tdk bkn standar Allah terima ato tdk doa kita, yg penting niat dan hati," tulis @jiraq.

"Jadi di endonesa aja ya yg umatnya terlalu lebay dalam menjalankan ritual ibadahnya? Siapa tuh yg ngajarin?" sambung @Rang_Hoki.


"Hahaha mana suaramu yang teriak2 pakai kaus kaki saja jadi masalah," imbuh @ammarsuhada.

Subscribe to receive free email updates: