Kodiklat TNI AD Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

SJO, BANDUNG - Kodiklat TNI AD.  Dalam rangka mengenang kembali pengorbanan para Pahlawan Revolusi dan sebagai wujud penghargaan dan penghormatan kepada para pahlawan Revolusi yang telah gugur akibat dari kebiadaban Gerakan Komunis yang lebih dikenal dengan G.30.S / PKI, Kodiklat TNI AD menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, bertempat di lapangan upacara Makodiklat TNI AD. Sabtu. (1/10).

Upacara  peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini dipimpin oleh Wakil Komandan Kodiklat TNI AD Mayor Jenderal TNI Dr. Bachtiar, S.I.P., M.A.P., dan ditandai dengan pembacaan Teks Pancasila yang sebelumnya diperdengarkan musik Tanda Kebesaran buka dan tutup oleh korps Music dari Ajen Kodiklat TNI AD, serta penghormatan oleh seluruh peserta upacara yang dipimpin Komandan Upacara Kolonel Inf Cahyo Suryo Putro.

Dalam upacara tersebut, selain dilakukan pembacaan pembukaan UUD 1945 dan do'a serta dibacakan Ikrar yang berisi bahwa ;

Pertama, Sejak diproklamasikan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap NKRI;

Kedua, Rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurang waspadaan bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara; dan

Ketiga, Dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya NKRI.

Dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila tersebut, semua yang hadir  membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini juga sebagai momentum untuk dapat merekatkan kesatuan dan persatuan bangsa, agar dapat berkonsentrasi dan mengerahkan seluruh tenaga, pikiran dan semua potensi yang dimiliki secara optimal untuk membangun negeri ini.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang berlangsung dengan tertib dan khidmat tersebut diikuti oleh seluruh anggota Makodiklat TNI AD. (Penerangan Sdirum Kodiklat TNI AD)

Subscribe to receive free email updates: