BPPKB Dogiyai Gelar Pelatihan pembuatan Kue Non Beras Bagi Kader Posyandu


Kepala Badan Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kab Dogiyai Yohana Yobee menyampaikan materi Foto : MP/KM        


Dogiyai,Papua Kabar Mapega.Com Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Dogiyai menggelar pelatihan pembuatan kue non beras bagi masyarakat tiga distrik Se-Kabupaten Dogiyai diusung dengan thema,"Penguatan kapasitas SDM wirausaha perempuan dibidang ekonomi.

Kegiatan pelatihan pembuatan kue non beras bagi kader-kader posyandu dan kader PKK desa Masyarakat yang terlibat dalam kegiatan pembuatan kue non beras terdiri dari distrik Kamu Selatan,Distrik Dogiyai dan Distrik Mapia.

Dalam sambutan kepala Badan Pemberdayaan Perempuan perlindungan anak dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Dogiyai Yohana Yobe menjelaskan,BPPKB Kabupaten Dogiyai memberikan pembinaan dan pelatihan pembuatan kue non beras yang dikoordinir langsung Bidang Pemberdayaan Perempuan bekerja sama dengan kepala distrik dan kepala kampung Kabupaten Dogiyai.

Yobe mengatakan selain ada pelatihan pembuatan kue dari bahan lokal "Pelayanan BPPKB dalam rangka mendukung pelatihan kami juga dapat otsus dari pemerintah provinsi papua untuk mengembangkan program kewirausahaan di bidang ekonomi," tuturnya.

Adapun beberapa kegiatan yang akan di selenggarakan oleh BPPKB Kabuapten Dogiyai adalah ketrampilan pembuatan kue non beras berbahan lokal yaitu,puding nota,puding jagung,dan kek singkong.

Selain itu,kata yobe tujuaan utama pelatihan pembuatan kue non beras adalah menggali ketrampilan untuk mengolah bahan lokal seperti nota,jagung di jadikan suatu produk untuk memenuhi kebutuhan dalam rumah tangga.

Yavet Kotouki Sekertaris Kader Posyandu Kampung Pona kepada media ini mengatakan,kami sangat senang mengikuti kegiatan pembuatan kue berbadan lokal yang di selenggarakan oleh badan pemberdayaan perempuan.

Ia pun, mengaku di dogiyai banyak jenis bahan makanan yang belum dijadikan sebuah produk unggulan dari daerah.agar kami pun setelah ikut pelatihan ini bisa mengembangkan ketrampilanya,"ungkapnya yobee.

tambahnaya yobee,saya sebanyak-banyak terimkasih kepala para kepala kampung yang telah mendampingi para kader,posyandu dan kader PKK desa dalam kegiatan berlangsung.terutama adalah kepala distrik dogiyai Wilem Tagi yang selalu dampingi masyarakat,"katanya.

Kepala badan Pemberdayaan Perempuan perlindungan anak dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Dogiyai Yohana Yobee.semua peserta dapat mengikuti pelatihanya sebaik –sebaiknya,agar sepulang dari tempat kegiatan bisa melakukan ketrampilan ini kepada para perempuan lainnya,"harapnya.


Pewarta : Martinus Pigome

Subscribe to receive free email updates: