5 Puluhan Warga Dasan Aman Keracunan Nasi Bungkus


LOMBOK TENGAH, sasambonews.com. Sebanyak 25 warga Dusun Dasan Aman Desa Peresak Kecamatan Batukliang mengalami keracunan usai menyantap nasi bungkus yang disuguhkan saat acara zikiran kelompok atau hiziban.

Kapolsek Batukliang, Iptu Samsurrizal mengatakan, peristiwa tersebut bermula saat warga menghadiri acara zikiran kelompok di rumah Muharis (35) warga setempat, pada hari Minggu (5/2) sekitar pukul 20.00 wita. Dimana, menu dalam nasi bungkus itu telur dan ayam. Namun, ketika itu sebagian warga tidak langsung memakan nasi bungkusnya. Melainkan warga memakan nasi bungkus tersebut keesokan harinya untuk dijadikan  sarapan. Tapi, ketika usai memakan nasi bungkus tersebut, sekitar pukul 09.00 wita pada hari Senin (6/2), warga mulai merasa mual dan muntah. Atas kejadian yang dialami warga itu, warga setempat membantu memawa warga yang terkena keracunan itu ke Puskesmas Mantang. "Saat itu korban berjumlah 25 orang. Termasuk yang punya hajatan zikiran juga ikut terkena keracunan saat itu," terang Samsurrizal, (7/2).

Setelah ditelusuri penyebab keracunan itu terang Samsurrizal,  ternyata nasi bungkus yang dimakan sebagain warga itu terindikasi sudah basi. Untuk itu, ia menghimbau kepada warga, untuk tidak memakan nasi bungkus hasil hidangan di pagi hari. Artinya, ketika dibagikan saat usai acara, sebaiknya warga langsung saja menyantap nasi tersebut. "Kalau dibiarkan sampai pagi, seperti inilah dampaknya. Karena kita tidak tahu, apakah sampai keesokan harinya, nasi itu kondisinya masih bagus atau tidak. Kalau kondisinya sudah basi, maka akan menyebakan mual dan muntah, seperti yang dialami warga Dasan Aman," tungkasnya. |dk

Subscribe to receive free email updates: