Catatan Hidup: Langka Awal Berjuangan

(Foto: Dok Ilustrasi Maleaki T/KM)
Oleh: Maleaki Tipagau

Opini, (KM). Saya mengampil keputusan untuk meninggalkan kampung halamaku yang tercinta, di bawah gunung Munilogo, diseberang kali Mayabu. Kampung kecil bernama Debasiga atau Piamani dan juga sering disebut Isandoga. Dengan tujuan, untuk mencari cita-cita atau impianku. Langka awal menuju ke dunia luas demi mengejar impian. Pagi itu embun Munilogo belum runtuh, dari Piamani awan putih tebal menyilimuti dan dingin-nya alam tetesan embun Munilogo masih terasa mengetarkan seluruh tubuhku, rasanya. Terasa menunggu datangnya mentari pagi. Namun, semuanya itu bukanlah ukuran bagi mama, yang selalu memberikan kasih sayang kepada anaknya.

Begitu juga dengan persahabatan kami dalam perjuangan hidup yang penuh tandangan ini.arti persahabat kami adalah suatu pihak yang kelebihan untuk menutupi kekurangan dipihak lain atau sebaliknya. Persoalan kecil apapun kami bicarakan bersama-sama saling memotivasi antara satu sama yang lain, saling berbagi pengalaman dan lain sebagainya. Jika, semua itu mendoakan kepada sang cipta yaitu Tuhan kita Yesus kristus yang selalu bersama-sama dengan kami dalam dunia seperjuangan kita bersama agar kita selalu semangat dan sangat berarti dalam perjuangan studi kita.

Kegagalan dalam hidup itu adalah hal yang biasa. Yang luar biasa adalah bagaimana kita belajar dari kegagalan itu untuk berhasil. Berbahagialah ketika gagal karena disana Tuhan memberikan pelajaran buat kita.

Pengalaman adalah guru yang paling berharga. Pengalaman mengajarkan kamu untuk tidak jatuh pada kesalahan yang sama. Ketika cara yang pertama gagal, kamu tidak akan menggunakannya lagi cara tersebut.

Itulah pengetahuan dari pengalaman. Baik itu pahit maupun manis, pengalaman tetap berada pada fungsi tertingginya, pengetahuan bagi manusia. Inilah kata kata motivasi untuk kita teman-teman seperjuangan bahwa pengalaman itu penting bagi hidup.

Jangan takut akan perubahan. Kita mungkin kehilangan sesuatu yang baik, namun kita akan peroleh sesuatu yang lebih baik lagi. Rayakan kesuksesan seperjuangan kita dengan penuh kesadaran, apabila kita menjalankan semua langkah-langkah sukses tersebut, tidak akan pernah ada rasa pesimis dan keraguan bahwa kita adalah orang-orang yang akan mencapai kesuksesan terhadap semua hal yang telah kita yakini. (Muyepimo/KM)

Subscribe to receive free email updates: