Sediakan Posyandu Kesehatan Hewan

Penulis : Ridwan
Senin, 28 November 2016

KRAKSAAN – Dalam rangka pengobatan dan pencegahan penyakit hewan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Probolinggo menyediakan pos pelayanan terpadu (Posyandu) kesehatan hewan. Tahun ini, pelayanan ini dipusatkan di empat titik meliputi Desa Kedawung dan Desa Resongo, Kecamatan Kuripan, Desa Klenang Kidul, Kecamatan Banyuanyar dan Desa Gunungtugel, Kecamatan Bantaran.

Kegiatan di posyandu kesehatan hewan ini meliputi pemeriksaan kesehatan dan pengobatan, pemeriksaan kebuntingan, penanganan gangguan reproduksi serta pemberian obat cacing dan mineral secara gratis. "Di setiap titik, ada sekitar 100 ekor ternak yang diperiksa. Kebanyakan penyakit yang ditangani adalah cacingan," ujar Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner DPKH Kabupaten Probolinggo, Amir Syarifudin.

Menurut Amir, penyakit cacingan ini bisa menurunkan daya tahan tubuh hewan terhadap penyakit serta mempengaruhi reproduksi dan perkembangan ternak. Dari segi ekonomi, tentunya bisa menimbulkan kerugian.

"Posyandu kesehatan hewan ini bertujuan memberikan sosialisasi tentang kesehatan hewan dan pemeliharaan ternak yang baik. Sosialisasi terhadap penyakit-penyakit hewan menular. Serta pengenalan dan cara penanganan terhadap penyakit hewan menular," jelasnya.

Melalui kegiatan ini, Amir mengharapkan agar masyarakat peternak lebih peduli terhadap pemeriksaan kesehatan hewannya supaya mendapatkan keuntungan secara maksimal. "Masyarakat lebih tanggap terhadap kejadian penyakit untuk segera melapor kepada petugas peternakan," harapnya.

Sementara Kepala DPKH Kabupaten Probolinggo, Endang Sri Wahyuni meminta agar masyarakat dapat memanfaatkan pelayanan gratis ini dengan membawa hewan ternaknya kepada posyandu kesehatan hewan. "Segera laporkan kepada petugas jika ada permasalahan kesehatan pada ternaknya. Petugas di dinas selalu siap 24 jam untuk melayani masyarakat," katanya. (wan/mas)
//

Subscribe to receive free email updates: