Siapkan Rp.2,5 Triliun Untuk Siaga Bencana


MATARAM, Sasambonews.com. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memiliki anggaran sekitar Rp 2,5 triliun untuk digunakan dalam pertolongan penyelamatan, evakuasi, dan penanggulangan bencana di Indonesia.

Deputi Penanganan Darurat Bencana BNPB Tambunan mengatakan, untuk distribusi dananya tidak bisa dipukul rata antara satu daerah dengan daerah yang lain. "Prosesnya sesuai kebutuhan dan itu seberapa pun itu bila kebutuhan yang sangat berhubungan dengan pertolongan penyelamatan dan evakukasi itu pasti dipenuhi," katanya dalam rapat koordinasi siaga darurat bencana banjir dan puting beliung di Provinsi NTB, di Hotel Grand Legi, Mataram, Kamis (20/10).

Distribusi dana, lanjutnya, akan disalurkan kepada daerah-daerah yang sedang tertimpa bencana melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tingkat provinsi.

Ia melanjutkan, BPBD merupakan perwakilan pemerintah pusat di daerah dalam penanggulangan bencana. Kendati begitu, baik BNPB maupun BPBD bukan lah satu-satunya pihak yang memiliki andil ketika ada bencana."Ketika ada perbaikan dan bencana bukan segala-galanya BNPB, Undang-undang mengatakan ketika ada bencana yang paling bertanggungjawab adalah kepala daerah," paparnya.
Oleh karenanya, ia menekankan pemerintah daerah memberi perhatian lebih dalam hal pendanaan bagi penanggulangan bencana melalui APBD.

Untuk Provinsi NTB, ia mengimbau baik pemerintah daerah, BPBD, dan masyarakat agar siaga dalam mengantisipasi datangnya banjir."Beberapa kabupaten/kota sudah ada yang banjir seperti Lombok Barat dan Lombok Timur," katanya menambahkan.I pr


Subscribe to receive free email updates: