Prediksi Bola : Persipura Vs Persela Lamongan , Sabtu 01 Oktober 2016 Pkl 14.00 WIB

Tuan Rumah Berlari Kencang..

Portal Berita Bola ~ Persipura Jayapura akan menjamu Persela Lamongan pada pekan ke-21 Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo di Stadion Mandala, Jayapura, Sabtu (1/10/2016).

Selepas jeda turnamen yang digunakan untuk tetap berlatih, Persipura mengincar kemenangan demi ikut serta memanaskan persaingan di papan atas TSC 2016.

Persipura punya modal yang sangat bagus untuk menghadapi Persela Lamongan. Ibarat berlari kencang, tim berjulukan Mutiara Hitam itu sama sekali belum terkalahkan sejak ditangani oleh pelatih asal Argentina, Angel Alfredo Vera.

Khusus di putaran kedua TSC 2016, Persipura mengawalinya dengan kemenangan 1-0 di kandang Bali United (3/9/2016), menahan Persija Jakarta 1-1 di Solo (10/9/2016), dan membungkam Semen Padang 2-0 di Stadion Mandala (17/9/2016).

Mutiara Hitam jelas ingin meneruskan tren positif tersebut dalam pertandingan kandang kontra Persela. Bahkan skuat Persipura telah melakukan pemusatan latihan selama jeda turnamen. Selain Boaz Solossa dan Dominggus Fakdawer yang bergabung dengan Timnas Indonesia di Solo, pemain-pemain Persipura tetap berlatih mulai 21 September 2016.

Persiapan maksimal itu dilakukan Persipura demi memaksimalkan poin demi poin dalam semua laga tersisa di TSC 2016. Dilepasnya striker anyar mereka, Greg Nwokolo, tidak menyurutkan semangat Persipura untuk bisa meraih hasil sempurna di laga pertama setelah jeda turnamen yang bertepatan dengan jadwal pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional ke-19 di Jawa Barat itu.

Namun, Persipura juga tidak ingin meremehkan Persela Lamongan meski tim lawan belum pernah meraih kemenangan karena dalam tiga pertandingan di awal putaran kedua TSC 2016 selalu bermain imbang. Angel Alfredo Vera siap menurunkan skuat terbaiknya menghadapi tim tamu yang saat ini tengah berjuang di papan bawah klasemen TSC 2016 itu.

Ricardo Silva de Almeida, atau yang akrab disapa Ricardinho, kembali menjadi andalan di lini depan Persipura bersama Boaz Solossa dan Imanuel Wanggai. Meski Boaz sempat merasa tidak fit di hari-hari terakhir training centre bersama Timnas Indonesia, kini kapten Persipura itu sudah siap untuk membela Mutiara Hitam meraih poin penuh di kandang sendiri.

Tidak hanya itu, dua pemain Persipura yang sempat absen lantaran cedera, Bio Paulin dan sang penjaga gawang, Yoo Jae-hoon, sudah bisa kembali bermain di pertandingan ini. Kembalinya dua pilar di pertahanan Persipura itu jelas akan menjadi dorongan besar di lini pertahanan Mutiara Hitam.

"Bio dan Yoo telah pulih dari cedera dan siap mengawal jantung pertahanan Persipura saat menghadapi Persela. Dengan hadirnya Bio dan Yoo di jantung pertahanan, Persipura mendapatkan suntikan energi positif," demikian keterangan tim pelatih.

Persipura saat ini hanya terpaut lima poin dari Madura United yang berada di puncak klasemen TSC 2016 setelah Laskar Sape Kerrab itu hanya mendapatkan satu poin dari hasil bermain 1-1 dengan Pusamania Borneo FC di Stadion Segiri, Samarinda, Jumat (30/9/2016). Kemenangan akan membesarkan asa Persipura untuk makin mendekati Madura United di puncak klasemen.

Di sisi lain, Persela Lamongan dibalut optimisme tinggi saat melawat ke markas Persipura Jayapura. Meski belum diperkuat dua dari tiga pemain barunya, M. Agung Pribadi dan eks penggawa Timnas U-19 era Eduard Tjong, Saddil Ramdani, minimal rasa aman tetap dirasakan Persela lantaran pemain barunya, Paulo Eduardo, sudah bisa diturunkan.

Kualitas stoper asal Brasil itu dianggap sangat mumpuni dalam menahan gelombang serangan yang dilakukan Persipura di pertandingan ini. "Paulo menunjukkan kinerja bagus selama latihan. Ia cukup tangguh ketika berada di jantung pertahanan kami. Semoga dia bisa memberi kontribusi besar pada tim ini," tutur Aji Santoso, pelatih Persela.

Kehadiran Paulo dinilai bisa mempersolid pertahanan tim berjulukan Laskar Joko Tingkir itu. Maklum, barisan belakang dianggap sebagai sektor paling rapuh di timnya. Belum lagi Persipura memiliki lini depan yang cukup tajam dengan kehadiran Boaz Solossa, Ricardinho, dan Imanuel Wanggai.

"Paulo memenuhi ekspektasi saya. Saya berharap di pertandingan menghadapi Persipura, ia bisa menjadi tembok tebal yang tak akan runtuh meski digempur lawan," ujar Aji.

Tak hanya itu, Aji telah menyiapkan pola permainan berbeda. Aji mematangkan taktik dan mental timnya. Bekal ini sangat cukup bagi timnya untuk memenuhi target satu poin yang dicanangkan manajemen. "Kami sebetulnya ingin lebih, tapi kami harus realistis," ucapnya.

Aji menyatakan pada duel melawan Persipura, Persela akan menerapkan taktik bertahan dan menguasai lebih banyak bola. Bermain sabar dan menunggu momen untuk melakukan serangan balik cepat dianggap jauh lebih efektif ketimbang bermain terbuka," kata pelatih asal Malang tersebut.

Para pemain Persela pun mengaku tidak gentar menghadapi performa Persipura yang kini terus meningkat. Persiapan yang mereka lakukan selama 10 hari libur TSC 2016 sudah cukup matang. Choirul Huda, sang kiper, menegaskan bila mereka datang jauh-jauh dari Lamongan ke Papua bukan untuk kalah. "Kami akan berjuang habis-habisan di pertandingan ini," tegas kiper senior itu.

Head To Head Kedua TIM :


23/05/16 Persela Lamongan 0 – 1 Persipura Jayapura

29/10/14 Persela Lamongan 1 – 4 Persipura Jayapura

04/10/14 Persipura Jayapura 2 – 0 Persela Lamongan

02/09/14 Persela Lamongan 2 – 0 Persipura Jayapura

01/02/14 Persipura Jayapura 3 – 0 Persela Lamongan


Lima Pertandingan Terakhir Persipura Jayapura :


17/09/16 Persipura Jayapura 2 – 0 Semen Padang (M)

10/09/16 Persija Jakarta 1 – 1 Persipura Jayapura (S)

03/09/16 Bali United 0 – 1 Persipura Jayapura (M)

28/08/16 PSM Makassar 0 – 0 Persipura Jayapura (S)

20/08/16 Persipura Jayapura 3 – 0 Gresik United (M)


Lima Pertandingan Terakhir Persela Lamongan :


16/09/16 Persela Lamongan 1 – 1 Persija Jakarta (S)

09/09/16 Gresik United 1 – 1 Persela Lamongan (S)

02/09/16 Persela Lamongan 2 – 2 PSM Makassar (S)

26/08/16 Mitra Kukar 1 – 2 Persela Lamongan (M)

19/08/16 Persela Lamongan 0 – 1 Bhayangkara FC (K)
Perkiraan Susunan Pemain :

Persipura Jayapura : Yoo Jae Hoon; Yustinus Pae, Yohanis Tjoe, Ruben Sanadi, Ricardo Salampessy, Ian Louis Kabes, Nelson Alom, Marinus Mariyanto, Imanuel Wanggai, Ricardo Silva, Boaz Solossa.
Pelatih : Angel Alfredo Vera.

Persela Lamongan : Choirul Huda; Samsul Arifin, Paulo Eduardo, Ahmad Bahtiar, Taufiq Kasrun, Ramadhan Saputra, Choi Hyun Yeon, Hedipo Gustavo, Zainal Arifin, Dendi Sulistyawan, Ivan Carlos.
Pelatih : Aji Santoso.

Subscribe to receive free email updates: