Pemilih Pemula Lebih Suka Agus-Sylvi


[portalpiyungan.com] JAKARTA - Lembaga riset Media Survei Nasional (Median) baru saja merilis hasil survei terbaru mereka terhadap elektabilitas dan perilaku pemilih di Pilgub DKI Jakarta 2017. Menurut, hasil survei tersebut, pasangan Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni (Agus-Sylvi) unggul di kalangan pemilih pemula Ibu Kota.

Untuk basis pemilih di bawah usia 20 tahun, Agus-Sylvi berhasil meraup 29 persen suara. Selanjutnya disusul oleh pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno (Anies-Sandi) sebanyak 25 persen suara.

"Sementara, pasangan Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Syaiful Hidayat (Ahok-Djarot) hanya mampu mendulang 19 persen suara pemilih dari kelompok usia tersebut," ujar peneliti senior Median, Rico Marbun di Jakarta, Rabu (5/10).

Suara Mengambang Akan ke Agus-Sylvi

Sementara itu, Direktur Eksekutif Lingkar Madani untuk Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti melihat elektabilitas pasangan kandidat calon gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti dan Sylviana Murni melejit.

"Hanya dalam kurun 10 hari, elektabilitasnya sudah di ataa 10 persen dan potensial akan terus bertambah," ujarnya kepada Republika.co.id, semalam.

Di saat yang sama, elektabilitas Anies Baswedan dan Sandiaga Uno seolah tidak bergeser. Bertahan di angka 20 hingga 25 persen. Selisihnya dengan pasangan Agus-Sylvi hanya sekitar 2 hingga 3 persen. "Artinya, suara yang ragu-ragu atau mengambang, nampaknya banyak diraih oleh Agus. Larinya suara Ahok tidak jatuh ke Anis tapi ke Agus," kata Ray.

Menurut dia, posisi Anis dan Agus diprediksi akan saling kejar-mengejar. Sementara elektabilitas Ahok kian merosot.


Subscribe to receive free email updates: