Komisi I Temukan Lokasi BTS Mekarsari Tak Layak

Lombok Tengah, SN - Komisi I DPR RI dipimpin Wakil Ketua Komisi I H. Bambang Kristiono SE (HBK) melakukan kunjungan kerja ke Lombok Tengah. Kunjungan ini merupakan kunjungan perdana komisi I sejak dilantik beberapa waktu lalu.

Kunjungan kerja para politisi senayan itu terkait dengan pembangunan BTS dan layanan Internet di Desa Mekarsari Kecamatan Praya Barat dan di Desa Sukarara Kecamatan Jonggat Kamis 23/1 2020. Namun para anggota dewan itu terkejut manakala menyaksikan lokasi pembangunan BTS jauh dari pemukiman dan lebih parahnya lagi berada dilembah dkelilingi bukit bukit. Tentu saja para anggota dewan itu mempertanyakan alasan kenapa dibangun di tempat itu. "Kenapa tidak diatas Bukit itu, kan sinyalnya bisa sampai jauh, ini timbul tenggelam bahkan begitu 2kilo sinyal sudah blank spot" tanya HBK.

Menjawab pertanyaan itu Direktur Basan Aksesibilitas Komunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo RI berkelit bahwa lokasi itu yang ditunjukkan oleh kepala desa dan Kominfo Kabupaten Lombok Tengah. "Kami hanya menyiapkan fasilitas sementara pembebasan tanah tanggung jawab pemda, jadi kami tak sediakan tanah" ungkapnya.

Untuk diketahui, ada 4 program dari BAKTI diantaranya penyediaan BTS. Untuk BTS Kominfo tidak siapkan tanah, ada penyediaan internet, backbone paraparing dan penyediaan satelit multi fungsi.

Saat ini BAKTI sudah bangun BTS di 8000 desa. 80 persen di sekolah dan desa serta lintas batas negara. "323 titik di NTB. 177 sekolah. 52 BTS, 4 MPPS terpasang di Sukarara" ujarnya

Camat Praya Barat H.Saharudin yang kebetulan waktu itu sebagai kabid di Kominfo menjelaskan, untuk lokasi pihaknya sangat kesulitan mencari lokasi yang tepat. Oleh karena itu pihaknya berkoordinasi dengan kepala Desa Mekarsari dan kades dengan ikhlas menghibahkan tanahnya untuk dibangun. "Maunya kita diatas bukit namun karena bukit bukit itu sudah dimiliki oleh investor maka kami tidak bisa berbuat banyak, sedangkan tanah ini diberikan percuma oleh Kades Mekarsari tanpa dibayar sedikitpun" ungkapnya.

Kades Mekarsari Azhari mengatakan Desa Mekarsari adalah salah satu desa pariwisata di Kabupaten Lombok Tengah dengan pendapatan masyarakat dari pariwisata pertanian dan kelautan karena itu, dia berharap kepada semua DPR RI khususnya yang hadir sekarang agar program pemerintah pusat agar disampaikan atau diturunkan ke desanya.


Selanjutnya sesuai dengan kegiatan hari ini, untuk BTS program ini agak sulit sebab harus bebaskan lahan, sebagai kepala desa berinisiatif untuk bebaskan demi masyarakat dapat menikmati layanan telekomunikasi. "Sinyal sangat sulit, tolong perhatikan kami" kata Kades

"Insyaallah Helmi Faisal dan saya berdua akan berupaya mewujudkan apa yang menjadi harapan dan impian masyarakat Lombok" kata HBK menjawab harapan Kades Mekarsari. Lth01




Subscribe to receive free email updates: