Posting Bawang Putih Difacebook, Mentan Datangi Rumah Yamin diBima

BIMA, SN -  Direktur perbenihan Kementrian Pertanian dan Holtikultural RI Ir. Sukarman menghadiri kegiatan Panen Raya Bawang Putih di So Tolo La Dore Desa Lido Kecamatan Belo Kabupaten Bima Kamis 5/9. Kedatangan pejabat pusat itu karena tergiur dengan postingan Bawang Merah dan Bawang Putih didataran rendah di media sosial fb.


Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Bima Hj. Indah Damayanti Putri, SE.  Sekda Kab. Bima Drs. Taufik HAK, M.Si. Kabag Tatapen Kabupaten Bima Drs. H. Maskur, M.Si. Dansat PolPP Kab. Bima H. Sumarno, SH. MH. Kadis Pertanian Kabupaten Bima. Ir. Indra Jaya.  Kepala Penyuluh Pertanian Kabupaten Bima. Camat Belo Bambang Setyawan, S.Sos. Kapolsek Belo IPDA I Kadek Sumerta, SH.  KUPT Pertanian se-Kabupaten Bima, Anggota Penyuluh Pertanian se-Kabupaten Bima. Pj Kepala Desa Lido Syamsudin, S.Sos. Warga/Petani Desa Lido.

Kadis Pertanian Ir.Indrajaya mengatakan pada tahun 2016 Kabupaten Bima pernah mendapat bantuan anggaran dari Kementrian Pertanian RI khusus disektor pertanian sebesar Rp.65 Miliar.

Dalam kegiatan panen raya ini hasil bawang putih basah yang dihasilkan mencapai 20 ton/Ha .

 Sekda Kabupaten Bima menambahkan,
 pendapatan masyarakat Kabupaten Bima berasal dari Agraria/Pertanian sehingga setiap roda perekonomian bertumpu pada aktivitas pertanian. Pada tahun 2017 Kabupaten Bima akan menerima bantuan anggaran dari Kementerian RI sebesar Rp.100 Miliar namun karena masyarakat Kabupaten Bima sering demo, maka anggaran itu pun dialihkan ke wilayah lain.

Sekda meminta kepada Direktur agar menyampaikan kepada Menteri agar mengulang kembali ditahun 2106 untuk mengucurkan anggaran untuk pertanian karena masyarakat Kabu Bima unggul dalam menanam bawang merah dan bawang putih.

Direktur perbenihan Kementrian Pertanian dan Holtikultural RI mengatakan Kementrian Pertanian terheran heran melihat dan mengetahui adanya petani yang menanam bawang putih dengan hasil yang sangat bagus karena selama ini penanaman bawang putih dilakukan didataran tinggi

Dia menyarankan agar penanaman bawang putih dimajukan lagi kebulan lain karena hembusan angin dari Australia sehingga hasil panen akan lebih meningkat.
"Saya akan menyampaikan secara langsung kepada Kepala Kementrian untuk mengucurkan anggaran pertanian untuk Kabupaten Bima dan meminta kepada pihak POLRI/TNI untuk membantu dalam menjaga kamtibmas serta tidak terlepas dari masyarakat/petani itu sendiri untuk mendukung pemerintah agar anggaran itu dapat diberikan/diturunkan dari Pemerintah Pusat" ujarnya.

"Perlu Kami sampaikan bahwa dari Kementerian Pertanian selama ini telah melakukan expor komoditi bawang merah yang dari wilayah Bima sebanyak puluhan ton" tambahnya

Sementara itu Bupati Bima IDP, mengucapkan selamat datang terima kasih banyak atas kehadiran Direktur perbenihan Kementrian Pertanian RI bersama rombongan.

Bupati Meminta kepada Kementrian Pertanian RI agar kembali memberikan kepercayaan kepada petani Kabupaten Bima dengan memberikan anggaran untuk sektor pertanian.

Dia mengharapakan adanya dukungan dari Pemerintah Pusat untuk memberikan dukungan dan motifasi terhadap petani di Kabupaten Bima karena sumber penghasilan utama masyarakat Kabupaten Bima bersumber dari pertanian dan hampir seluruh lapisan petani Bima sangat ahli dalam bertani bawang merah dan bawang putih khususnya di Desa Lido dan secara umum Kecamatan Belo.

Sebelumnya. Kedatangan pihak Kementerian Pertanian RI berawal dari adanya postingan contoh bawang putih dan lokasi penanamannya oleh Yamin melalui Sosial Media Facebook sehingga membuat Kementerian Pertanian RI ingin melihat secara langsung dan merasa heran karena lokasi penanamannya dilakukan oleh petani didataran rendah selain itu juga hasilnya sangat maksimal bisa mencapai 20 ton/Ha. Bm1

Subscribe to receive free email updates: