Mantan Kejati Jatim Siap Melangkah Ke Senayan

Maruli Hutagalung
Surabaya, Info Breaking News - Mantan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jawa Timur, Maruli Hutagalung, kini bersiap maju dalam caleg melalui Partai Nasdem."Saya 38 tahun jadi jaksa, sudah pensiun, sebenarnya ingin santai sama tiga cucu saya. Tapi karena soal ambil peran mewujudkan sistem hukum anti-korupsi, saya tergerak terjun ke dunia politik dengan menjadi calon anggota DPR RI asal Partai NasDem, dari daerah pemilihan Surabaya dan Sidoarjo," kata Maruli membuka diskusi seputar kondisi terkini dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Internasional.
Maruli kembali menyinggung komitmennya untuk mendonasikan setengah gajinya, jika terpilih menjadi anggota DPR untuk masyarakat Surabaya dan Sidoarjo. Mekanismenya bisa melalui donasi ke panti asuhan dan warga kurang mampu.
"Mengapa hanya setengah gaji? Karena kalau semuanya, berarti saya bohong. Kalau semua gaji saya sumbangkan, kegiatan operasional saya duit dari mana? Kan saya tidak mau main proyek," tegas Maruli yang disambut tepuk tangan emak-emak.
Maruli mengisahkan salah satu pengalamannya ketika mengusut perkara korupsi di Papua. Saat menersangkakan seorang pejabat, tiba-tiba saat bangun tidur di pagi hari, ada kepala anjing dengan darah masih segar digantungkan di pagar rumah dinasnya.
"Saya tanya ke tim, apa maksudnya ini? Dijawab, ya kira-kira nanti kepala Pak Maruli akan seperti itu kalau kasus tersebut dilanjutkan. Wah ngeri-ngeri sedap juga ya," cerita Maruli.
"Tapi saya cuek saja, saya nekat, karena toh niat saya baik. Saya bersyukur kepala saya masih menempel di leher sampai detik ini," imbuh Maruli disambut tawa emak-emak.
Maruli menambahkan, korupsi telah merugikan rakyat, termasuk kaum ibu. "Ada gedung pendidikan dikorupsi, cepat rusak, yang rugi anak emak-emak. Jalan-jalan rusak juga karena korupsi," tutur Maruli yang telah menahan ratusan koruptor selama menjadi jaksa.*** Dani Setiawan.


Subscribe to receive free email updates: