ITDC Bangun Ratusan Lapak UKM Di Kuta

LOMBOK TENGAH, sasambonews.com - Meski ribuan hektar lahan Mandalika Resort telah dikuasai namun Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) tetap menyisakan  sebagain kecil dari lahannya untuk UKM disekitar kawasan. 


General Affair KEK Mandalika, I Gusti Lanang Bratasuta mengatakan, jumlah lapak yang dibangun sebanyak 312 unit, dengan total anggaran Rp 48 miliar. Lokasi lapak berada di areal pintu masuk pantai, tepatnya di areal Masjid Nurul Bilad.

Menurutnya Lapak diperuntukkan bagi pelaku UMKM dibagian barat kawasan serta masyarakat sekitar kawasan dengan system sewa. Namun, sewanya tidak terlalu tinggi. "Paling rendah sekitar Rp 2 juta," katanya.

Ia pastikan lapak tersebut sudah bisa dimanfaatkan sekitar September. Setelah jadi, kita berharap pelaku usaha yang masih di bagian barat bisa pindah.  "Rencananya akan diresmikan  pak Presiden RI, Joko Widodo," ungkapnya.

Kalau dilihat dari anggaran, tentu lapak yang dibangun dipastikan layak bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menangah (UMKM). Selain itu, ukurannya ada yang kecil, menengah dan besar. "Paling besar diperkirakan ukurannya 7x7 meter persegi," jelasnya.

Tidak hanya lapak saja yang akan dibangun, di lokasi Pasar Seni itu juga pihaknya berencana akan membangun pasar modern, untuk mendukung kebutuhan yang ada di KEK Mandalika. "Setelah lapak jadi, baru kita bangun pasar modern di lokasi Pasar Seni," tungkasnya. |dk

Subscribe to receive free email updates: