Resmi Dispersip Tempati Satu Kantor

Penulis : Dimaz Akbar
Rabu 10 Januari 2018

Foto Istimewah

KRAKSAANKRAKSAANONLINE.COM – Sejak tanggal 5 Januari 2018, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Probolinggo sudah berada dalam satu kantor di wilayah Kelurahan Sidomukti Kecamatan Kraksaan. Sebelumnya, instansi ini berada di dua wilayah. Yakni, Bidang Perpustakaan di kantor induk atau eks Kantor Perpustakaan Umum Daerah (Perpusda) dan Bidang Arsip menempati eks Kantor Arsip Daerah di perkantoran Diklat Kabupaten Probolinggo.

Selanjutnya setelah pindah ke kantor induk di Kota Kraksaan, eks kantor yang ditempati Bidang Arsip sepenuhnya akan dijadikan sebagai Depo Arsip untuk memenuhi tempat penampungan arsip yang selama ini sudah overload.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dispersip Kabupaten Probolinggo Raharjo. Menurutnya, dengan bergabungnya Bidang Arsip di kantor induk tentunya akan semakin mempermudah dalam melakukan koordinasi dan komunikasi.

"Kalau terpisah tentunya tidak akan efektif dan tidak akan efisien. Ini tentunya harus menjadi motivasi untuk meningkatkan kinerja. Artinya, dari dulu yang fungsi koordinasi tidak efektif akan menjadi efektif. Dari sisi efisiensi, tentunya ada penghematan energi listrik dan air karena sudah ada dalam satu kantor," katanya.

Menurut Raharjo, diharapkan dengan berada di satu kantor tentunya rasa kebersamaan akan terjalin lebih solid. Ini bisa menjadi sebagai modal dasar dalam melaksanakan tugas perpustakaan dan kearsipan secara lebih baik dan maksimal.

"Harapan ke depan fungsi koordinasi dan komunikasi antar bidang dan staf akan lebih efektif dan efisien. Selain itu, pengawasan akan lebih mudah dan maksimal. Semoga hal ini bisa semakin meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Probolinggo, " harapnya. (Maz)

Subscribe to receive free email updates: