UPTD Prateng akan Selenggarakan Lomba Sekolah Hebat


LOMBOK TENGAH, sasambonews.com,- Unit
Pelaksana Tekhnis Disdik (UPTD) Kecamatan Praya Tengah terus berbenah. Sederet program mulai dirancang, salah satunya adalah lomba sekolah hebat.

Kepala UPTD Praya Tengah, Fikri Sabandi, S,Pd mengatakan, lomba sekolah hebat merupakan salah satu program andalan yang akan dilaksanakan tahun ini. Tujuannya untuk meningkatkan kwalitas pendidik dan lembaga pendidikan. Yang tidak kalah pentingnya, lomba tersebut juga bisa menjadi sarana evaluasi terhadap perkembangan di masing-masing satuan pendidikan.

Lomba sekolah akan diikuti seluruh satuan pendidikan di Kecamatan Praya Tengah.  Adapun yang akan dilombakan adalah maslah administrasi sekolah, kesehatan dan kebersamaan para guru.

Untuk administrasi sekolah, pihaknya akan melibatkan Inspektorat sebagai tim penilai. Dengan harapan, Inspektorat bisa membimbing para guru  menyusun dan menyelesaikan administrasi dengan baik, termasuk dalam hal pengelolaan anggaran sekolah.  Sedangkan masalah kesehatan akan melibatkan Dinas Kesehatan. Selain memberikan penilaian, keterlibatan Dinas Kesehatan juga diharapkan mampu memberikan pemahaman kepada para guru dalam menata menciptakan suasana sehat di lingkungan sekolah. Sedangkan untuk kebersamaan para guru, akan dinilai langsung oleh Dinas Pendidikan.

Adapun yang dimaksud dengan kebersamaan adalah bagaimana terciptanya harmonisasi, baik antar guru maupun siswa.

Agar proses pembangunan di satuan pendidikan dapat berjalan maksimal, pihaknya juga berencana melibatkan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).  Dengan turun langsung ke sekolah, diharapkan mampu memudahkan pihak Bappeda dalam merencanakan dan memetakan kebutuhan pendidikan di Praya Tengah.

Namun sebelum dilaksanakan, pihaknya akan melakukan pembenahan di internal UPTD terlebih dahulu, agar menjadi contoh bagi satuan pendidikan. " Jangan sampai kami yang melaksanakan program justeru tidak beres, jadi harus dimulai dari internal UPTD dulu.  Kalau sukses, kami akan jadikan program ini sebagai agenda tahunan," kata Fikri.

Untuk itu pihaknya berharap kepada seluruh satuan pendidikan segera berbenah. Pihaknya juga berharap agar program tersebut mendapat dukungan penuh dari pemerintah daerah, khususnya Dinas Pendidikan. |wis




Subscribe to receive free email updates: