Ternyta Tak Hanya Dahsyat, KPI Juga Pernah Hentikan 5 Program Televisi ini! Akibat...

Ternyta Tak Hanya Dahsyat, KPI Juga Pernah Hentikan 5 Program Televisi ini! http://ift.tt/20kt43r - Berita Terbaru Terkini Hari Ini - Tayangan musik Dahsyat terkena sanksi penghentian sementara dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) selama tiga hari. Sanksi pengehentian sementara tersebut akan berjalan selama tiga hari mulai tanggal 13, 14, dan 19 April tahun 2017.

http://ift.tt/20kt43r - Berita Terbaru Terkini Hari Ini - Tayangan musik Dahsyat terkena sanksi penghentian sementara dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) selama tiga hari.
Sanksi pengehentian sementara tersebut akan berjalan selama tiga hari mulai tanggal 13, 14, dan 19 April tahun 2017.
Hal tersebut disebbakan Dahsyat melakukan pelanggaran pada penayangan tanggal 28 Februari 2017, pukul 09.11 WIB dan 1 Maret 2017, pukul 08.49 WIB.
Selain program musik Dahsyar, ada beberapa tayangan laris yang juga memiliki riwayat serupa pernah diberhentikan sementara penayangannya oleh KPI.
Berikut daftar tayangan yang pernah diberhentikan sementara oleh pihak KPI!
1. D'Academy Indosiar
Dilansir dari Kompas.com, KPI menjatuhkan sanksi administratif terhadap program D'Academy Indosiar, Senin (20/2/2017).
Sanksi tersebut berupa pemberhentian tayangan selama dua hari pada 27 dan 28 Februari 2017.
Siaran D'Academy yang ditayangkan pada 14 Februari 2017 pukul 20.48 WIB, telah melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) tahun 2012.
Makian oleh salah satu pengisi acara.
KPI Pusat menilai ungkapan kasar dan makin verbal itu tidak pantas ditayangkan.
Kata-kata kasar itu terucap ketika juri Dewi Perssik beradu mulut dengan Nassar gara-gara berbeda pendapat tentang seorang kontestan D'Academy.
Cuplikan dari pertengkaran dan makian tersebut beredar luas di media sosial.
KPI Pusat sebelumnya telah memanggil pihak Indosiar untuk menjelaskan tayangan tersebut.
KPI menggunakan klarifikasi dari stasiun televisi tersebut untuk mengambil keputusan.
2. Pesbukers ANTV
Siapa yang tidak mengetahui program yang sudah bertahun-tahun mengudara ini?
Meskipun sudah cukup lama tayang, acara ini cukup sering membuat netizen geram dan juga berkali-kali mendapatkan sanksi dari KPI.
Walaupun seperti itu, acara ini tetap ditonton dan mendapatkan rating yang bagus.
Dilansir dari Tribunnews.com, Pesbukers pernah mendapatkan sanksi penghentian sementara pada Januari 2013 lalu selama lima hari.
Di tahun yang sama, Pesbukers juga pernah mendapatkan sanksi pengurangan durasi tayang.
Pada tahun 2016, Pesbukers mendapatkan tiga surat peringatan KPI.
3. Sinetron Ganteng-Ganteng Serigala SCTV
Sinetron favorit remaja Indonesia, Ganteng-Ganteng Serigala(GGS) yang tayang di SCTV ini juga pernah diberhentikan sementara oleh pihak KPI.
Dilansir dari laman Serambi Indonesia, sanksi yang dilayangkan KPI ini berupa penghentian sementara selama tiga hari berturut-turut, yakni mulai pada tanggal 21, 22, dan 23 Oktober 2014.
Sejak penayangannya, beberapa adegan dalam sinetron ini memang menjadi sorotan.
Padahal, sinetron yang memiliki rating tinggi ini setiap harinya menjaring penonton berusia muda yang cukup banyak
Beberapa adegan yang sering dikenakan teguran oleh KPI seperti, adegan menunjukan murid berseragam sekolah yang memakan kelinci hidup dengan mulut penuh darah, dan adegan anak sekolah baku hantam.
Selain sanksi yang diberikan, KPI Pusat juga menilai bahwa inti cerita program sinetron GGS tidak mengandung nilai-nilai pendidikan, ilmu pengetahuan, dan budi pekerti.
Selain itu, tampilan yang muncul di sinetron ini tidak sesuai dengan perkembangan psikologis remaja dan bertentangan dengan etika yang ada di lingkungan pendidikan.
4. Rumpi No Secret Trans Tv
Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat memutuskan menjatuhkan sanksi penghentian sementara pada program acara di Trans TV yakni Rumpi No Secret berdasarkan hasil rapat pleno komisioner KPI Pusat tanggal 24 Agustus 2015.
Dilansir dari laman resmi KPI, KPI Pusat menemukan pelanggaran pada tanggal 4 Agustus 2015 pada pukul 17.12 WIB.
Program tersebut menayangkan wawancara Feny Rose (Pembawa Acara) dengan Riana Rara Kalsum mengenai perseteruan antara dirinya dengan Zulfikar, mulai dari pembicaraan mengenai tantangan untuk melakukan tes DNA sebagai bukti telah terjadi hubungan spesial antara keduanya, masalah telat datang bulan Riana, pendapat Riana atas rencana pernikahan Zulfikar, janji Zulfikar untuk menikahi Riana dan kasus penghinaan terhadap Riana.
KPI Pusat menilai muatan permasalahan kehidupan pribadi (privasi) seseorang tidak boleh disiarkan karena dapat mendorong berbagai pihak yang terlibat dalam konflik untuk mengungkapkan aib masing-masing. Jenis Pelanggaran ini dikategorikan sebagai pelanggaran atas ketentuan tentang penghormatan hak privasi, perlindungan anak-anak dan remaja serta penggolongan program siaran.
Selain tayangan tersebut, pada tanggal 9 Juni 2015 pukul 16.21 WIB dan pada tanggal 10 Juni 2015 pukul 15.24 WIB, Program Siaran Rumpi No Secret juga menayangkan perseteruan antara Cynthiara Alona dan Emma Fauziah (Ibu dari Vicky Prasetyo) mengenai permasalahan pribadi keduanya.
Dalam surat sanksi tersebut juga diputuskan Trans TV tidak diperkenankan menyiarkan program dengan format sejenis pada waktu siar yang sama atau waktu yang lain sesuai dengan Pasal 80 Ayat (2) SPS KPI Tahun 2012 selama menjalankan masa sanksi.
5. Inbox
Acara musik Inbox pun juga pernah mendapat sanksi serupa berupa penghentian sementara selama satu hari pada bulan Maret 2013.
Penghentian tersebut dijatuhkan karena tayangan 7 Januari 2013.
Pada tayangan tersebut menampilkan adegan dari para host yang melecehkan seorang perempuan lanut usia sehingga ibu tersebut menjadi bahan olok-olok.
Jenis pelanggaran ini dikategorikan sebagai pelanggaran atas perlindungan kepada orang dan masyarakat tertentu, perlindungan anak dan remaja, serta norma kesopanan.
Pemberhentian siaran sementara dilakukan sejak pada tanggal 12 Maret 2013. (TribunWow.com)

Subscribe to receive free email updates: