Mangkel Ditanya Soal Video 'Suku Mante', Begini Pesan 'Menohok' Fredo Prastana

Mangkel Ditanya Soal Video 'Suku Mante', Begini Pesan 'Menohok' Fredo Prastana http://ift.tt/20kt43r - Berita Terbaru Terkini Hari Ini - Video penampakan sosok kerdil yang tertangkap kamera sekelompok pemotor trail di pedalaman Aceh, menjadi viral dan menghebohkan. Video yang kemudian diunggah akun Fredograpy di Facebook, Youtube dan beberapa akun media sosial lainnya, tak sengaja diambil saat sedang melakukan offroad di sebuah hutan wilayah Aceh.

http://ift.tt/20kt43r - Berita Terbaru Terkini Hari Ini - Video penampakan sosok kerdil yang tertangkap kamera sekelompok pemotor trail di pedalaman Aceh, menjadi viral dan menghebohkan.
Video yang kemudian diunggah akun Fredograpy di Facebook, Youtube dan beberapa akun media sosial lainnya, tak sengaja diambil saat sedang melakukan offroad di sebuah hutan wilayah Aceh.
Hingga kini pembahasan sosok tersebut melebar tak hanya di kalangan pengguna media sosial.
Mulai dari sejarawan hingga pemerintah Provinsi Aceh menanggapi hal tersebut.
Sejarawan Aceh, Adli Abdullah mengatakan, keberadaan Suku Mante itu bisa jadi masih ada, namun dalam jumlah yang sudah sangat berkurang.
"Kalau melihat lokasi dari postingan video tersebut yaitu kawasan hutan Jalin di Jantho Aceh Besar, itu tidak menutup kemungkinan kalau bisa jadi itu memang generasi yang kesekian dari Suku Mante itu. Karena, kalau melihat dari sejarahnya, suku ini dulu memang bermukim di kawasan Seulimum, yakni daerah yang berdekatan dengan Jantho," ucap Adli Abdullah, Senin (27/3/2017), dikutip dari Kompas.com.
Pemerintah Provinsi Aceh juga akan berkoordinasi dengan sejumlah instansi terkait untuk menelusuri informasi keberadaan Orang Mante tersebut.
Rencananya, pemerintah Aceh pun akan melakukan penelitian secara mendalam.
"Langkah yang pertama bisa kita lakukan adalah melakukan penelitian secara mendalam," kata Kepala Biro Humas Pemerintah Aceh, Mulyadi Nurdin, Senin (27/03/2017), dikutip dari Kompas.com.
Bahkan, untuk mempermudah melakukan penelitian, pihaknya akan memanggil komunitas motor trail asal Banda Aceh itu untuk mempertanyakan kejadian yang sebenarnya.
Termasuk lokasi tempat mereka menemukan yang diduga suku Mante.
Sementara itu, antroplog Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh Reza Indria, mengaku sedikit pesimis terhadap keberadaan Orang Mante di Aceh.
Pesan pengunggah video
Mengetahui banyak orang yang ingin tahu lebih detail informasi 'suku Mante' tersebut, melalui akun media sosialnya, pria bernama Fredo Prastana mengirimkan pesan menohok.
Video tersebut sudah ditonton dua juta lebih, bahkan dishare dan diunggah ulang oleh beberapa media dan akun pribadi lainnya.
Meskipun pemilik akun Fredograpy telah memperingatkan mereka untuk tak meyebar dan menduplikasi video tersebut tanpa seizinnya.
Dari awal ia menolak untuk menginformasikan lebih jelas baik tentang tempat terjadinya.
Ia hanya menekankan masih banyak suku-suku pedalaman yang menghuni hutan Indonesia, meskipun belum jelas keberadaan suku tersebut di rimba belantara Aceh.
Dirinya semakin mangkel saat tahu banyak pihak yang ingin mencari tahu keberadaan sosok itu.
Melalui capture status Facebooknya yang diunggah ke akun Instagram @fredopastrana, ia merasa kecewa.
Ia bungkam dengan tujuan agar keberadaan sosok itu tidak terusik dan demi kelestarian dan kesinambungan alam.
Bahkan ia juga menolak untuk diwawancarai oleh media.

Subscribe to receive free email updates: