Tingkatkan Kemudahan Layanan Masyarakat, Smile Police Dilaunching

Penggunaan aplikasi smile police di hp android para polisi. (foto: dok-resbla)
BLORA. Dalam rangka meningkatkan pemberian layanan masyarakat serta mempermudah akses informasi kepolisian, Polda Jawa Tengah termasuk Polres Blora melaunching program Smile Police pada hari Jumat (3/2/2017). Launching di Mapolres Blora dipimpin langsung oleh Wakapolres Kompol Indrianto Dian Purnomo SH bertempat di ruangan Command Center Polres Blora (Ruang Smile Police).

Launching yang diselenggarakan dengan video conference bersama Kapolri dan Kapolda dihadiri seluruh pejabat utama aik Kabag, Kasat, Kasie se Polres Blora, para Opertor Smile Police dan pimpinan Telkom Kabupaten Blora.

Menurut Wakapolres, Smile Police adalah suatu sistem manajemen informasi dan layanan elektronik Polri yang berguna memudahkan masyarakat mendapat pelayanan kepolisian. Layanan online berbasis IT dalam bentuk website ini dirancang untuk mengintegrasikan seluruh sistem informasi dan aplikasi yang digunakan ke dalam web sesuai kebutuhan.

"Melalui website Smilepolice.jateng.polri.go.id dirancang untuk mengintegrasikan seluruh sistem informasi dan aplikasi yang digunakan ke dalam web sesuai kebutuhan masing-masing. Sejumlah layanan dalam Smile Police, meliputi:
Yang diperuntukkan masyarakat, antara lain:
  1. Panic Button (tekan tombol jika terancam keselamatan, dimana membutuhkan kesegeraan kehadiran polri)
  2. E-Complaint (keluhan / komplain masyarakat tentang petugas polisi kepada Propam)
  3. TRUST (Trouble, Unggah, Solusi, Tuntas) menampung segala informasi masyarakat kepada petugas Bhabinkamtibmas
  4. SRC (System Regident Center) Online, informasi tentang SSB termasuk SIM Online
  5. SKCK Online
  6. Petualangan Baseta (Badut Keselamatan Berlalu Lintas)
  7. E-Learning
  8. E-Office (Administrasi Online)
Launching program smile police di Mapolres Blora. (dok-resbla)
Yang diperuntukkan petugas Kepolisian:
  1. Panic Button (center)
  2. E-Bhabinkamtibmas (khusus diakses oleh anggota Bhabinkamtibmas untuk menerima informasi dari aplikasi TRUST)
Smile Police bisa diunduh melalui Google Playstore," jelas Kompol Indrianto Dian Purnomo SH.

Untuk aplikasi Panic Button masyarakat bisa menggunakan layanan ini jika melihat atau mengalami tindak kejahatan, bencana alam, kecelakaan atau situasi genting lainnya yang membutuhkan bantuan Polisi.

"Cukup dengan ketuk tiga kali tombol SOS maka Polisi terdekat akan hadir di lokasi yang membutuhkan pertolongan. Jadi masyarakat tidak perlu jauh-jauh datang melapor. Melalui E-Complaint, masyarakat bisa menyampaikan keluhan atau laporan jika melihat ada oknum polisi nakal," lanjut Wakapolres.

Untuk diketahui, aplikasi Smile Police ini merupakan terobosan kreatif dari Polda Jateng dan bisa diakses melalui Hp android dengan terlebih dahulu registrasi ke dalam google playstore dan mendownload aplikasinya melalui HP android masing-masing.

Kapolres Blora AKBP Surisman, S.I.K, M.H melalui Wakapolres Blora Kompol Indrianto mengharapkan agar warga masyarakat Kabupaten Blora untuk mendukung program tersebut, demi terciptanya Polri yang Profesional, Modern dan Terpercaya dan bebas dari KKN sesuai dengan harapan dan Visi Misi Pimpinan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian. (ip-infoblora)

Subscribe to receive free email updates: