SBY Berkuasa 10 Tahun, 8 Mega Proyek Mangkrak, Jokowi Melayani Baru 2 Tahun, Proyek Cepat Selesai...

Jakarta, Lensaberita.Net - Genap dua tahun Presiden Joko Widodo menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia. Sejak awal menjabat, Jokowi menyerukan slogan, kerja, kerja, kerja!


Pemerintah Jokowi mengklaim selama dua tahun berkuasa, banyak pencapaian yang telah diraih. Terutama terkait percepatan pembangunan infrastruktur.

Lewat situs kerjanyata.id, Jokowi memaparkan sejumlah keberhasilan yang telah dicapainya. Di bidang infrastruktur, Jokowi menyulap delapan proyek yang mengalami kemajuan signifikan. Sebelumnya proyek-proyek tersebut sempat mandek di era pemerintahan sebelumnya. Apa saja proyek tersebut?

1. Jalan Tol Serang-Panimbang

Pembangunan jalan tol Serang-Panimbang sepanjang 84 saat ini sedang dalam pengerjaan dan diperkirakan akan selesai pada 2018. Nilai investasi keseluruhan sekitar Rp 10,8 triliun.

2. Terminal Kalibaru

Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian Terminal Peti Kemas Kalibaru Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, 13 September 2016. Pada 2009 - 2010, kapasitas peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok mencapai 5 juta TEUs/tahun. Namun, dengan selesainya pembangunan Terminal Kalibaru ini, kapasitas pelabuhan bertambah menjadi 7 juta TEUs/tahun. 

3. SPAM Umbulan

Megaproyek pemerintah terkait dengan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan yang sempat mandek selama 43 tahun akhirnya tuntas. Proyek yang puluhan tahun penuh dengan konflik segera dikerjakan tahun ini. Nantinya, Warga Pasuruan, Sidoarjo, Surabaya, dan Gresik akan mendapat manfaat dari proyek itu.

4. Light Rail Transit (LRT) Sumatera Selatan

LRT di Sumatera Selatan memiliki trase sepanjang 23,5 KM yang membelah Kota Palembang dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang sampai dengan Kabupaten Banyuasin. Pembangunan LRT di Sumatera Selatan diharapkan dapat selesai sebelum pelaksanaan Asian Games 2018 di Palembang, sehingga dapat menjadi salah satu ikon pendukung pelaksanaan ajang olah raga se-Asia terebut.

5. PLTU Batang

Pengerjaan PLTU Batang Jawa Tengah dimulai 6 Juni 2016 dengan masa pembangunan 48 bulan atau empat tahun. Dengan penghitungan tersebut, PLTU baru selesai pada Juni 2020. Namun, Jokowi menginginkan proyek tersebut selesai pada 2019. Sejumlah warga Batang masih ada yang menolak proyek itu.

6. Pelabuhan Patimban

Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat akan dibangun dengan pinjaman dari Jepang sebesar Rp 43,22 triliun dan akan dimulai pada tahun 2017 mendatang dan diharapkan selesai pada 2019.

7. Palapa Ring Broadband

Proyek Palapa Ring merupakan salah satu upaya pemerintah dalam membangun ketersediaan infrastruktur layanan jaringan serat optik sebagai tulang punggung bagi sistem telekomunikasi nasional. Proyek Palapa Ring akan rampung dan beroperasi pada akhir 2018 dengan menjangkau berbagai daerah terpencil yang terbagi menjadi tiga wilayah, yakni barat, tengah, dan timur.

8. Revitalisasi Bandara Juwata-Tarakan, Matahora-Wakatobi, dan Labuan Bajo-NTB

Jokowi menekankan pada pentingnya percepatan pembangunan infrastruktur transportasi di Indonesia baik jalan raya maupun prasarana perhubungan. Ia mengatakan hal itu dilakukan guna meningkatkan konektivitas antarwilayah serta menurunkan biaya logistik yang menurut Jokowi masih sangat tinggi di Indonesia. Bandara Juwata, telah dioperasikan pada Maret 2016. Mei 2016, pemerintah meresmikan bandara Matahora. Sedangkan bandara Labuan Bajo telah diresmikan pada 2015. [src/rimanews.com]

Subscribe to receive free email updates: