Presiden Jokowi Bakal Tindak Tegas Masalah Pungli di Setiap Daerah

Presiden Jokowi Bakal Tindak Tegas Masalah Pungli di Setiap Daerah HorasSumutNews.com - Berita Masalah Pungli Terkini Terbaru Hari Ini - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini mengundang seluruh gubernur ke Istana Negara. Dalam kesempatan itu, Jokowi meminta kepala daerah ikut aktif menangani masalah pungutan liar (pungli) yang dianggap telah meresahkan masyarakat dan menghambat pertumbuhan ekonomi secara nasional. Berita Daerah, Internasional, Nasional,

HorasSumutNews.com - Berita Masalah Pungli Terkini Terbaru Hari Ini - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini mengundang seluruh gubernur ke Istana Negara. Dalam kesempatan itu, Jokowi meminta kepala daerah ikut aktif menangani masalah pungutan liar (pungli) yang dianggap telah meresahkan masyarakat dan menghambat pertumbuhan ekonomi secara nasional.

Beragam masalah pungli diungkap sejumlah gubernur yang terjadi di daerahnya masing-masing. Gubernur Kepulauan Riau, ‎Nurdin Basirun mengatakan, sejak Presiden Jokowi menyampaikan perang terhadap pungli, dia mengklaim di daerahnya belum ditemukan kasus pungli.

Meski begitu, dia tidak ingin lengah terhadap aksi pungli. Dia berjanji akan menganani masalah pungli agar tak menghambat pembangunan di daerahnya.

‎"Iya insyaallah kecuali (pungutan) yang resmi, seperti di pelabuhan. Di luar dari itu mungkin enggak ada, pokoknya di lingkungan saya (enggak ada pungli) kalau di luar saya enggak tahu‎," ungkap Nurdin di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (20/10/2016).

Agak berbeda disampaikan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo. Menurutnya, kepala daerah harus bersatu mendukung langkah pemerintah pusat ini. Bahkan dia mengusulkan dibentuk tim satuan tugas (satgas) di daerah untuk menangani masalah pungli.

"Saya kira kita semua harus turun tangan. Tentu saja penanganan yang holistik, agenda-agenda cepat itu bisa dilakukan, walaupun permanen agendanya juga harus disusun lagi lebih sistematis," tuturnya.

Masalah pungli lebih keras lagi disampaikan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Gubernur asal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini mengaku, pihaknya terus mendapatkan informasi mengenai aksi pungli di masyarakat.

Dia menyarankan, agar masyarakat tak perlu khawatir dan takut jika merasa dipungli oknum pejabat atau pihak-pihak tertentu. Dia meminta agar segera melaporkan, baik kepada aparat Polri maupun langsung ke dirinya melalui akun media sosial atau pesan pendek.

"Tinggal lapor saja ke saya dan kita bersihkan. Masih ingat enggak, saya ngamuk di jembatan timbang? Berapa hari saya jadi gubernur itu‎," ujarnya.

Sementara Gubernur Jawa Timur (Jatim) Soekarwo mengungkap hal yang sama, berkaitan dengan masalah pungli di daerahnya. Hanya saja, pria yang akrab disapa Pakde Karwo itu meminta agar pengawasan terhadap aksi punglilebih diintensifk.

Subscribe to receive free email updates: