40 Persen Kecelakaan di Blora Dialami Pelajar

40 Persen Kecelakaan di Blora Dialami Pelajar
PELANTIKAN PKS : Waka Polres Blora,  Kompol Hari Sutanto melantik 240 siswa SD di Blora menjadi anggota Patroli Keamanan Sekolah (PKS), di halaman Mapolres setempat, Rabu (26/10/2016)
BLORA, panturaNews.info  - Hasil analisa kecelakaan lalu lintas di Blora hingga saat ini menunjukkan, bahwa 40 persen kecelakan yang ada dialami oleh pelajar.  Untuk itu, Satlantas Polres Blora, melakukan sejumlah kegiatan dalam rangka menekan angka kecelakaan, diantaranya mendidik ratusan pelajar SD di Blora untuk dijadikan  anggota Patroli Keamanan Sekolah (PKS).

''Dari analisa yang kami lakukan terhadap kecelakaan lalulintas yang terjadi di Blora selama ini, 40 persen diantaranya dialami pelajar. Untuk itu pihaknya terus melakukan terobosoan guna menekan angka kecelakaan yang ada, diantaranya menggelar pendidikan kelalulintasan bagi sejumlah pelajar SD,'' tandas Kasatlantas Polres Blora, AKP Febriyani Aer.

Hal itu dikemukakan Kasatlantas  disela-sela  pelantikan 240 anak dari 8 Sekolah Dasar yang ada di Blora, menjadi  anggota Patroli Keamanan Sekolah (PKS), oleh Waka Polres Blora,  Kompol Hari Sutanto, di halaman Mapolres setempat, Rabu (26/10).

Diberi Pelajaran

Sebelum dilantik,  sebanyak 240 pelajar SD itu diberi pelajaran selama 20 hari mengenai sejumlah ilmu pengetahuan. Mulai  dari pelajaran baris berbaris, pengaturan lalu lintas, senam PKS, P3K, tata cara berlalu lintas yang benar. Termasuk diberi motivasi untuk menjadi PKS yang disiplin dulingkungan pendidikan masing masing.

Dikemukakan Kasatlantas AKP Febriyani,  dengan dilakukannya pembinaan tersebut,  ke depan diharapkan jika anak -anak tersebut sudah menginjak dewasa akan lebih memahami  betapa pentingnya mematuhi aturan berlalu lintas tang benar demi keselamatan diri sendiri maupun pengguna jalan lainnya. ''Ini juga sebagai upaya untuk menekan angka kecelakaan sekecil mungkin,'' jelasnya.

Sekedar diketahui,  di awal tahun 2016, yakni  periode Januari hingga Maret angka kecelakaan lalu lintas yang terjadi di wilayah hukum Polres Blora mencapai 134 kejadian.  Dari angka kecelakaan itu,mengakibatkan 21 orang meninggal dunia, 14 luka berat, dan 170 luka ringan. (Handayana)

Subscribe to receive free email updates: